Pages

Monday, May 23, 2016

Mengenal Teks Eksposisi

Halo sobat acbin, kali ini kita akan belajar tentang teks eksposisi. Sebenarnya teks eksposisi itu apa sih ? Teks eksposisi merupakan teks yang berisi argumen penulis tentang suatu permasalahan yang disertai fakta-fakta pendukung dan berusaha memaparkan atau memberikan informasi tertentu kepada pembaca. Kata eksposisi sendiri berasal dari bahasa latin ekspoition yang berarti memberitahukan, memaparkan, menguraikan, atau menjelaskan. 
Dalam teks eksposisi biasanya terdiri dari satu topik tertentu. Topik yang berisi permasalahan tersebut kemudian dikaji berdasarkan sudut pandang penulis. Tujuan dari karangan eksposisi yaitu agar pembaca mendapatkan pengetahuan atau informasi yang sejelas-jelasnya atau memaparkan sesuatu agar pengetahuan pembaca bertambah.
Ciri-ciri teks eksposisi :

  1. Bersifat nonfiksi/ilmiah, teks eksposisi seringkali dilengkapi dengan pendapat para ahli, contoh, hasil penelitian, dan fakta-fakta.
  2. Bersifat memaparkan, teks eksposisi bertujuan untuk memberikan informasi atau penjelasan dengan cara mengembangkan gagasan dengan harapan pembaca benar-benar memahami atau mengetahui informasi atau penjelasan yang disampaikan.
  3. Tidak berusaha mempengaruhi pembaca, teks eksposisi tidak bertujuan untuk mempengaruhi pembaca, tetapi hanya menguraikan pokok pikiran yang dapat memperluas pandangan atau pengetahuan seseorang setelah membacanya.
  4. Menunjukkan analisis terhadap fakta yang ada, fakta yang diuraikan dalam teks eksposisi digunakan penulis untuk mendukung setiap argumentasi yang disampaikan. Fakta yang ada dalam teks eksposisi harus didapatkan dari sumber yang valid dan terpercaya. Fakta yang terdapat dalam teks eksposisi tersusun dengan pola 5W + 1H(What, Who, Where, When, Why, How).

Struktur teks eksposisi dibagi menjadi tiga bagian :

  1. Tesis : berisi sudut pandang penulis terhadap permasalahan yang diangkat. Tesis merupakan bagian penting yang muncul pada awal teks walaupun ada kemungkinan dapat diletakkan kembali pada bagian akhir(penegasan ulang).
  2. Argumentasi : bukti yang digunakan untuk memperkuat pernyataan dalam tesis. Argumentasi dapat digunakan untuk menyetujui atau menolak suatu pendapat. Argumentasi dapat berupa pernyataan umum(generalisasi) atau dapat juga berupa data hasil temuan penelitian, pernyataan para ahli atau fakta-fakta yang didasari atas referensi yang dapat dipercaya. 
  3. Penegasan ulang pendapat : bagian ini mengandung pernyataan simpulan yang menegaskan kembali tesis yang telah dikemukakan di awal teks dan dibuktikan atau diperkuat oleh unsur argumen pada poin kedua. Penegasan ulang pendapat digunakan agar pembaca yakin dengan pendapat yang dikemukakan oleh penulis.
Kaidah kebahasaan dalam teks eksposisi:
  1. Terdapat pronomina persona(kata ganti orang), pronomina persona dibutuhkan saat mengemukakan pendapat pribadi penulis yang dituangkan dalam teks eksposisi. Misalnya, "saya" dan "kita".
  2. Terdapat kata leksikal tertentu(verba, nomina, adjektiva, dan adverbia), kata-kata leksikal digunakan untuk meyakinkan atau mengubah persepsi pembaca agar pembaca mengikuti atau menerima pendapat penulis teks.
  3. Terdapat konjungsi(kata sambung), kata sambung digunakan untuk menghubungkan argumentasi penulis dengan fakta yang ada agar teks eksposisi menjadi padu.
Sampai disini dulu ya sobat, nantikan kelanjutan teks eksposisi di edisi berikutnya yaitu jenis teks dan langkah menulis teks eksposisi. Sampai jumpa . . .

No comments:

Post a Comment