Pages

Thursday, April 28, 2016

Kalimat tanya

Dalam bahasa Indonesia terdapat beberapa kalimat tanya yang digunakan, umumnya kita mengetahui kalimat tanya hanya untuk sekedar bertanya tetapi belum tentu mengetahui sebenarnya jenis kalimat tanya apakah yang kita gunakan. Yuk kita simak beberapa jenis kalimat tanya dalam bahasa Indonesia :

  1.  Kalimat tanya konfirmasi, kalimat tanya ini memiliki tujuan untuk mempertegas kembali persoalan yang sebenarnya telah diketahui. Jawaban dari kalimat ini biasanya berupa "ya" atau "tidak". Contoh : Benarkah Anda seorang murid SMA ?
  2. Kalimat tanya retoris, kalau kalimat tanya yang satu ini tidak memerlukan jawaban secara langsung. Tujuan dari kalimat ini yaitu untuk memberikan motivas, semangat dan menggugah kesadaran. Contoh : Siapakah yang akan membantunya, bukankah kita ini sahabatnya ?
  3. Kalimat tanya tersamar, kalimat tanya tersamar merupakan kalimat tanya yang memiliki unsur tertentu yang tersembunyi. Kalmat tanya tersamar bertujuan untuk memohon, meminta, menyindir, dsb. Contoh : Bersediakah kamu mengambilkan buku di atas lemari itu ?
Ya, itu dia beberapa kalimat tanya dalam bahasa Indonesia, semoga membantu :) 


No comments:

Post a Comment