Pages

Tuesday, May 24, 2016

Mengenal Lebih Jauh Jenis Teks Eksposisi



Halo sobat acbin, kali ini kita akan membahas tentang jenis-jenis teks eksposisi. Biasanya kita hanya diajarkan beberapa saja, tapi kali ini kita akan membahas lebih lengkapnya. Mari . . .
  1. Eksposisi Berita, teks eksposisi ini berisi mengenai pemberitaan suatu kejadian. Biasanya terdapat pada surat kabar. Contoh : Kini di pasar tradisional banyak pedagang sembako mengeluhkan dampak kenaikan bahan bakar yang mempengaruhi harga sembako menjadi semakin mahal. Sudah hampir seminggu ini harga sembako mengalami kenaikan dan banyak pembeli mengurangi konsumsi sembako mereka.
  2. Eksposisi Ilustrasi, pengembangan dari teks eksposisi ilustrasi menggunakan gambaran sederhana atau bentuk konkret dari suatu ide. Mengilustrasikan sesuatu dengan sesuatu yang lain yang memiliki kesamaan sifat. Biasanya menggunakan frase penghubung. Contoh : Dalam tubuh manusia terdapat aktivitas seperti mesin mobil. Tubuh manusia dapat mengubah energi kimiawi yang terkandung dalam bahan bakarnya yakni makanan yang ditelan menjadi energi panas dan energi mekanis.
  3. Eksposisi Proses, teks eksposisi proses biasanya ditemukan dalam buku petunjuk pembuatan, penggunaan, atau cara-cara tertentu. Contoh : Pernahkah anda merasa bosan dalam mengerjakan tugas ? Bagaimana cara anda mengatasinya ? Dibawah ini ada beberapa cara jitu untuk mengatasi kebosanan itu. Pertama, buat motivasi anda dalam mengerjakan tugas tersebut. Kedua, beri penghargaan setelah anda selesai mengerjakan tugas, seperti akan bermain game setelah selesai. Ketiga, berikan yang terbaik untuk tugas anda.
  4. Eksposisi perbandingan, dalam menulis teks eksposisi perbandingan anda dapat mencoba menerangkan ide dalam kalimat utama dengan cara membandingkannya dengan yang lain. Contoh : Mengetik menggunakan sepuluh jari bukanlah hal yang dapat dilakukan semua orang tanpa latihan. Semua orang dapat menggunakan jarinya untuk mengetik. Tetapi berbeda dengan mengetik menggunakan sepuluh jari, hanya sebagian orang yang telah biasa melakukannya. 
  5. Eksposisi pertentangan, berisi pertentangan antara sesuatu dengan sesuatu yang lain. Biasanya menggunakan frase penghubung "akan tetapi, meskipun begitu, sebaliknya". Contoh : Orang yang gemar bersepeda umumnya orang yang suka pada alam. Sebaliknya, orang yang tak pernah bersepeda kebanyakan orang kota yang ke mana-mana terbiasa naik mobil nyaman. Mereka akan menggerutu jika menemui jalan sempit di desa-desa.
  6. Eksposisi definisi, yaitu batasan pengertian sesuatu dengan memfokuskan pada karakteristik sesuatu itu. Contoh : Terapi akupuntur adalah pengobatan tradisional yang berasal dari negeri Cina. Terapi ini menggunakan jarum - jarum yang ditusukkan pada titik-titik yang tersebar di seluruh tubuh. Terapi akupuntur sangat bermanfaat bagi kesehatan, baik untuk menyembuhkan ataupun sebagai pencegahan penyakit.
  7. Eksposisi analisis, merupakan proses memisah-misahkan suatu masalah dari suatu gagasan utama menjadi subbagian, kemudian masing-masing dikembangkan secara berurutan. Contoh : Berbagai terori dikemukakan untuk mencari latar belakang kematian Merilyn Monroe. Ada yang berpendapat dia diancam oleh mafia. Ada pula seorang detektif yang memperkirakan Merilyn pernah berhubungan dengan J.F. Kennedy. Dia dibunuh untuk menutupi kejadian yang dapat merusak nama baik J.F. Kennedy.
  8. Eksposisi klasifikasi, teks eksposisi ini membagi sesuatu dan mengelompokkan ke dalam kategori-kategori. Contoh : Pemerintah akan memberikan bantuan pembangunan rumah atau bangunan kepada korban gempa. Bantuan tersebut akan disesuaikan dengan tingkat kerusakannya. Warga yang rumahnya rusak ringan mendapat bantuan 12 juta. Warga yang rumahnya rusak sedang mendapatkan bantuan 22 juta. Warga yang rumahnya rusak berat mendapatkan bantuan 32 juta. 
Ya, itulah dia jenis-jenis teks dari teks eksposisi. Bagi teman-teman yang masih belum paham tentang apa itu teks eksposisi bisa dilihat disini. Semoga bermanfaat . . .

No comments:

Post a Comment