Pages

Monday, August 3, 2015

Yuk, Mengenal Apa Itu Biografi Dan Autobiografi

Jika kita membeli sebuah buku ataupun disebuah website, biasanya terdapat ulasan tentang penulis. Nah, ulasan tersebut disebut dengan biografi yaitu riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain, adapula yang disebut dengan autobiografi yaitu riwayat hidup pribadi yang ditulis diri sendiri.

Biografi ditandai dengan sudut pandang orang ketiga(dia,ia, atau nama tokoh) sedangkan autobiografi ditandai dengan sudut pandang orang pertama(aku atau saya).

Contoh biografi :
Sunaendar berasal dari keluarga bangsawan pada zaman penjajahan Belanda. Sunaendar sejak kecil menuntut ilmu di Belanda. Pada saat dewasa, dia kembali ke Indonesia dengan harapan dapat membantu masyarakat Indonesia pada saat itu.Sunaendar menguasai beberapa bahasa asing untuk dapat meminta dukungan dari bangsa lain agar dapat mendukung Indonesia.

Contoh autobiografi :
Saya dilahirkan di Indonesia, 17 April 1995. Saat ini saya sedang menjalani kuliah di Universitas Mararata, selain sebagai mahasiswa saya juga seorang wirausahawan yang bergerak dibidang IT.

No comments:

Post a Comment